10 Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Rumah

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular yang dikarenakan oleh nyamuk Aedes aegypti pembawa virus dengue. DBD yang telat dikenali dan diobati bisa mengdampakkan perdarahan dalam berbahaya. Maka, butuh upaya pencegahan demam berdarah (DBD) dari diri sendiri dan orang di kurang lebih rumah supaya penyakit ini tak terus menyebar luas. Bagaimana caranya?

10 Cara Mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) di Rumah

Cara pencegahan demam berdarah (DBD) di rumah
Mungkin Kamu sendiri telah sangat familier dengan slogan pencegahan demam berdarah (DBD) yang berbunyi “3M: menguras, menutup, dan mengubur”. Tetapi, prinsip pencegahan DBD bukan cuma itu.

Cara yang paling mutlak adalah dengan mengusahakan supaya Kamu tak digigit nyamuk Aedes aegypti. Ini bisa diperbuat dengan menjaga lingkungan tetap bersih, juga memakai penangkal nyamuk supaya tak berkembang biak di rumah.

1. Menguras bak mandi seminggu sekali
Genangan air adalah tempat bagi nyamuk Aedes aegypti berkembang biak.

Nyamuk betina pertama-tama bakal bertelur pada dinding bak yang terisi air. Larva nyamuk yang menetas dari telur kemudian bakal mendapat makanan dari mikroorganisme di kurang lebihnya. Seiring waktu, larva nyamuk bakal tumbuh menjadi nyamuk dewasa. Keseluruhan siklus ini berjalan selagi 8–10 hari dalam suhu ruang.

Maka, menguras dan membersihkan bak mandi minimal seminggu sekali adalah tutorial pencegahan DBD yang paling utama. Kebiasaan ini bisa memutus siklus nasib nyamuk Aedes aegypti.

2. Bersihkan juga wadah penampung air lainnya
Jangan hanya berhenti hingga di kamar mandi. Kamu juga butuh menguras dan membersihkan beberapa wadah lain di rumah yang menampung air. Perabotan semacam baskom, kaleng, vas alias pot bunga, ember, dan lain sebagainya bisa menjadi sarang bagi nyamuk apabila tak rajin dikuras.

Biasakanlah menguras wadah-wadah air tersebut setidaknya dua kali seminggu sebagai langkah pencegahan demam berdarah di rumah. Seusai itu, tutup rapat wadah yang kemungkinan bisa menjadi sarang nyamuk.

Buang wadah-wadah yang telah usang dan tak terpakai supaya tak sehingga tempat genangan air.

3. Pasang kasa dan kelambu nyamuk
Untuk mencegah nyamuk DBD masuk ke dalam rumah, Kamu bisa memasang kasa pada setiap celah ventilasi dan jendela.

Kasa nyamuk ada beberapa macam, ada yang terbuat dari kawat, magnet, bahkan hingga jaring-jaring rapat yang tipis tetapi kuat menghalau masuknya nyamuk dari luar.

Pencegahan demam berdarah juga butuh diperbuat dengan memasang kelambu di kamar tidur. Kamu bisa memasang kelambu mengelilingi ranjang Kamu alias menutupi ranjang bayi.

4. Jangan menumpuk alias menggantung baju terlalu lama
Kebiasaan menunda-nunda melipat cucian dan membiarkannya menumpuk begitu saja? Apabila tidak, apa Kamu justru terbiasa menggantung baju di balik pintu, alias menumpuk cucian kotor di pojokan kamar?

Sebaiknya setop kebiasaan ini sebagai langkah pencegahan DBD. Membiarkan baju menumpuk alias tergantung begitu lama bisa menjadi tempat favorit untuk dihinggapi nyamuk. Faktor ini dikarenakan nyamuk menyukai bau tubuh manusia.

Apabila Kamu terbukti harus menyimpan kembali baju yang baru digunakan, lipat kemudian simpan pada tempat yang bersih dan tertutup.

5. Gunakan lotion alias krim antinyamuk
Lindungi diri dengan mengoleskan losion antinyamuk setiap kali bakal bepergian keluar rumah alias ke tempat terbuka.

Pilih losion yang mengandung ekstrak serai, lavender, geranium, lemon balm, alias peppermint yang telah terbukti tak disukai nyamuk. Suatu  penelitian di India menyatakan mengoleskan minyak daun peppermint terbukti bisa membikin nyamuk menghindar.

Ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada label kemasan. Oleskan krim khususnya dibagian tubuh yang tak tertutupi pakaian. Jangan mengoleskan krim antinyamuk pada kulit yang tertutup pakaian. Apabila Kamu juga memakai tabir surya alias sunscreen, oleskan tabir surya terlebih dahulu baru lotion anti nyamuk.

Tetapi, sebaiknya tetap lindungi tubuh dengan krim antinyamuk walau Kamu sedang di rumah. Kemudian oleskan lagi menjelang waktu tidur sebab nyamuk demam berdarah aktif sepanjang malam.

Prinsipnya, tak jarang-tidak jarang mengoleskan krim berulang kali sepanjang hari di mana pun Kamu berada. Oleskan ulang sesuai petunjuk di kemasan, umpama ada yang harus diulang setiap 3 jam sekali.

Trik pakai lotion anti nyamuk untuk anak-anak

  • Rutin ikuti petunjuk penggunaan ketika memakai obat nyamuk untuk anak-anak.
  • Jangan gunakan losion obat nyamuk pada bayi berumur di bawah 2 bulan.
  • Jangan mengoleskan krim ke tangan, mata, mulut, dan kulit anak yang sedang luka alias teriritasi.
  • Untuk losion antinyamuk dalam bentuk spray, orang dewasa harus menyemprotkan dulu ke tangan mereka, baru kemudian dioleskan ke wajah anak.
  • Jangan memakai produk yang mengandung minyak lemon eucalyptus (OLE) alias para-menthane-diol (PMD) untuk anak di bawah 3 tahun.
  • Untuk memastikan Kamu dan anak buah keluarga lainnya tak alergi dengan bahan-bahan obat nyamuk, tes dulu dengan menotolkan sedikit krim pada kulit punggung tangan sehari alias dua hari sebelum penggunaan. Kalau Kamu menonton ada tanda-tanda alergi, hentikan penggunaan dan basuh area kulit yang dioles hingga bersih. Hubungi dokter apabila butuh.


6. Gunakan pakaian tertutup saat keluar rumah
Anda bakal lebih rentan digigit nyamuk pada malam hari. Maka sebagai tutorial pencegahan DBD dari diri sendiri, kenakanlah pakaian panjang yang menutupi kulit. Baik itu ketika Kamu di rumah maupun saat keluar rumah di malam hari.

Supaya pencegahan demam berdarah lebih manjur, semprotkan dulu obat permethrin pada sepatu, celana/rok, kaos kaki, dan pakaian. Permethrin adalah obat yang sanggup membekuk dan membunuh tungau, tergolong nyamuk.

Penting! Gunakan permethrin sesuai petunjuk penggunaan yang tertera di label kemasan. Jangan langsung semprotkan permethrin pada kulit.

7. Fogging
Selain rutin melindungi rumah pakai obat nyamuk semprot alias obat nyamuk bakar, penting juga untuk membiasakan kegiatan fogging. Fogging adalah tutorial pencegahan demam berdarah (DBD) dengan cara massal dengan penyemprotan obat nyamuk yang sanggup menjangkau area lebih luas.

Pencegahan demam berdarah (DBD) dengan fogging biasanya diperbuat ketika masuk musim pancaroba alias ketika angka permasalahan demam berdarah di daerah Kamu mulai meningkat.

Obat fogging mengandung zat kimia piretroid sintetis (insektisida) yang dilarutkan dengan air, kemudian diuapkan menjadi kabut asap. Asap fogging bisa menyebar cepat ke pelosok bangunan dan bisa cepat membunuh nyamuk dan jentik-jentiknya. Maka itu, setiap penghuni rumah harus membiarkan semua pintu dan jendela rumah mereka terbuka selagi fogging berjalan.

Diperbuat dengan cocok, fogging tak bakal berisiko pada kesehatan Anda. Tetapi supaya tak terlalu tak sedikit menghirup asap, sebaiknya gunakan masker alias “pengungsian” dulu ke tempat terbuka dengan ajaran udara lancar.

Fogging terbaik dijadwalkan pada kurang lebih pukul 5.30-7.30 pagi alias 4.30-6.30 malam. Waktu tersebut adalah saat nyamuk demam berdarah sedang aktif keluar dari sarangnya.

8. Pangkas dan bersihkan tanaman liar di pekarangan rumah
Pekarangan hijau dan penuh bunga terbukti membikin penampilan rumah makin cantik dan apik. Tetapi, Kamu harus rajin-rajin memeliharanya supaya tak malah sehingga sarang nyamuk. Rerumputan lebat dan kumpulan ilalang liar yang tak terawat bisa menjadi sarang nyamuk tersembunyi.

Terlebih ketika di musim hujan, tak semua airnya terserap ke dalam tanah. Kadang tetap ada sisa-sisa genangan air yang bersembunyi di antara tanaman yang tumbuh liar. Nah, di sinilah nyamuk bakal leluasa berkembang biak menelurkan ribuan jentiknya.

Babat rata dan rapikan perkarangan alias tanaman liar di kurang lebih rumah. Jangan lupa juga untuk menguras setiap pot dan tutup celah-celah genangan, ratakan dengan tanah.

9. Hias rumah dengan tanaman antinyamuk alami
Selain yang telah disebut di atas, Kamu bisa mekegunaaankan pilihan alamiah lainnya sebagai tutorial pencegahan demam berdarah (DBD) di rumah. Umpama, menghias interior rumah dengan tanaman pengusir nyamuk semacam serai wangi, bunga lavender, daun peppermint, dan bunga geranium (tapak dara).

Bahkan beberapa tanaman tersebut juga kerap diolah sebagai bahan mutlak dalam pembuatan obat nyamuk komersil. Lavender, umpama, mengandung zat aktif linalool dan lynalyl asetat yang terbukti tak disukai nyamuk.

Letakkan pot-pot kecil berisi tanaman tersebut di lokasi yang strategis, umpama pojokan rumah, di dekat jendela, alias pintu-pintu masuk. Kamu bisa juga menanam sebagiannya lagi di pekarangan rumah untuk menghalau nyamuk berkeliaran di luar. Khususnya untuk tipe tanaman yang tak bisa dipelihara dalam pot, semacam serai dan lemon balm.

Cara lainnya adalah dengan memasang lilin aromaterapi dengan wewangian dari tanaman pengusir nyamuk tersebut. Satu varian aromaterapi yang terkenal digunakan untuk mengusir nyamuk adalah lilin alias dupa geranium (geraniol). Lilin alias dupa aromaterapi yang mengandung geraniol dilaporkan lebih manjur daripada obat nyamuk berbahan citronella. Nyalakan lilin aromaterapi pada malam hari.

Tetapi butuh diingat, beberapa bahan alamiah ini belum terbukti 100% aman dan manjur sebagai pencegahan demam berdarah (DBD) untuk semua orang. Maka sebaiknya Kamu tetap prioritaskan memakai produk obat antinyamuk komersil yang terbukti telah teruji pasti.

10. Vaksin DBD
Apabila semua tutorial pencegahan di atas telah semua Kamu perbuat tapi tetap takut bakal risiko DBD, bisakan vaksin dengue di klinik alias rumah sakit terdekat. Ya!

Tidak tak sedikit yang tahu bahwa sebetulnya vaksin dengue telah lama ada di Indonesia. Vaksin dengue pun juga telah disetujui oleh BPOM RI. Vaksin diberbagi setidak sedikit 3 kali dengan jarak antar pemberian dosis per 6 bulan.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan vaksin dengue sebagai tutorial pencegahan demam berdarah telah bisa diberbagi pada orang-orang yang berumur 9-45 tahun. Tetapi berdasarkan penelitian, vaksin dengue bakal paling manjur apabila mulai diberbagi pada anak berumur 9-16 tahun.

Apa Gak Enaknya Jadi Anak Tunggal?

Bagi lo yang punya tak sedikit sodara tentu sempat ngeluh, mungkin kalo sehingga anak tunggal enak kali' ya? Gak punya sodara yang rese', gak butuh share makanan, TV, remote, sampe sepeda dikuasain sendiri. Penguasa tunggal di rumah, gak butuh ada saingan. Anak semata wayang kesayangan mama, papa, kakek, nenek, tante serta om.. Wuih tentu bahagia banget..(sambil menerawang langit-langit).Tapi apa bener sih anak tunggal itu bahagia serta bahagia semakin sebab gak punya saingan dalam rumah? Gak butuh share, gak butuh bertengkar gara-gara ngeributin sesuatu yang gak penting semisal tidur di ranjang segi mana (maklum wajib share tempat tidur) ato sibuk nyari terdakwa yang makan roti tahap lo? Yuk kami check..

Apa Gak Enaknya Jadi Anak Tunggal?

Gak enak lho sehingga anak tunggal..
Mungkin lo gak percaya kalo sehingga anak tunggal tuh menderita serta pengen banget punya tak sedikit sodara kek lo.. Beneran...suer deh ! Ini hasil curhatan anak tunggal buat pembaca blog ini :

Apa gak enaknya sehingga anak tunggal?

1. Ngerasa sepi menarik.
Kalo tetap di sekolah alias hang out bareng temen sih happy, tapi kalo udah pulang ke rumah serta gak nemuin siapa-siapa kecuai ortu ato pembantu, rasanya sepiiiii banget.
Kadang-kadang pengen ngobrol ngalor ngidul serta curhat sama seseorang yang kalo ke ortu tentu gak nyambung, terpaksa wajib nelpon temen. Itu juga kalo dirinya gak sibuk serta ada waktu buat sekedar dengerin dialog serta curhatan gak penting lo. Tapi kalo punya sodara apalagi yang sekamar tentu dapat langsung curhat, dirinya bahagia ato gak biasanya kan lo cuek aja. Pokoknya pengen ngomong serta sodara lo gak punya opsi lain kecuali dengerin lo.
Gak punya sodara yang dapat diajak ribut itu gak enak. Rumah sehingga sepi. Gak ada kenangan masa kecil yang rame. Gak ada sodara yang bawa temen kece ke rumah yang dapat ditaksir. Gak ada sodara yang dapat diajak tukeran baju, alat make up, sepatu bahkan sepatu basket. Gak sempat ngerasain dapat ngasi lungsuran baju ke adek serta nerima lungsuran baju yang kekecilan dari kakak..
Gak ada temen main barbie, gak ada lawan main catur, gak ada temen diskusi film ato novel baru yang baru rilis.. wah lo dapat bayangin sepinya dunia ini tanpa sodara? Kalo dapat milih serta dilahirin ulang pengen punya tak sedikit sodara ampe selusin juga gak pa pa..

2. Terbiasa sendiri
Sebab terbiasa sehingga pusat perhatian sebagai anak tunggal biasanya sulit buat penyesuaian dalam satu grup. Sebab gak terbiasa share tak jarangkali egois, suka semaunya serta mau menang sendiri, juga suka EGP..
Gak pedulian sebab terbiasa dari kecil dirinya yang sehingga pusat perhatian. Gak dapat merhatiin orang sebab hanya dirinya yang rutin mau diperhatiin. Dari kecil dirinya udah kebiasaan diperhatiin penuh oleh ortu serta orang-orang di kurang lebihnya.
Supaya dapat berhasil di masyarakat anak tunggal kudu belajar bersosialisasi serta share..

3. Dituntut dengan standar tinggi.
Dari kecil ortu ngarepin supaya lo dapat berhasil berhasil, rangking satu, masuk sekolah favorit, universitas ngetop serta lulus cum laude. Kenapa? Sebab elo lah andalan mereka satu-satunya gak ada yang lain.
Kalo lo gak mampu memenuhin andalan mereka ato lo cuma sehingga nomor dua, lo bakalan sedih sebab lo tau itu tentu ngecewain mereka. Lo rutin ingin sehingga nomor satu bukan sebab keinginan lo sendiri tapi supaya menuhin andalan ortu. Lo masuk sekolah, universitas, pilih jurusan sampe pilih jodoh yang sesuai standar mereka. Sebab sekali lagi lo andalan satu-satunya..
Menderita gak? Nasib udah disetting, diatur sedemikian rupa biar sesuai standar ortu..

Itulah yang dihadapi oleh anak tunggal yang anda pada gak tau. Kalo sebetulnya mereka tuh punya penderitaan sendiri. sehingga gak butuh protes kalo lo tak sedikit sodara serta gak butuh ngimpi buat sehingga anak tunggal. Sebab sehingga anak tunggal itu gak rutin enak..

Salam...