Berbagai Kegiatan yang Dilarang saat Hamil


Ibu hamil memang memiliki banyak sekali pantangan selama melewati masa kehamilan, salah satunya adalah posisi women on top saat berhubungan. Hal ini disebabkan, ibu hamil berada dalam kondisi yang rentan sekali. Oleh karena itu, banyak larangan yang perlu ditaati oleh ibu hamil. Selain larangan terkait makanan, banyak kegiatan yang dilarang saat hamil.

Berbagai Kegiatan yang Dilarang saat Hamil

Ketika kondisi hamil, seorang ibu harus mengurangi kegiatannya dan lebih banyak beristirahat di rumah. Ada sejumlah kegiatan yang juga harus benar-benar dihindari oleh ibu hamil selama masa kehamilan agar tidak berimbas pada ibu dan janinnya.

Kegiatan yang Dilarang saat Hamil
Jika ingin kondisi ibu dan janin dalam perut tetap aman hingga proses persalinan, banyak kegiatan yang perlahan harus mulai ditinggalkan oleh ibu hamil selama melewati masa kehamilan. Berikut sejumlah kegiatan yang dilarang saat hamil.

·         Menyetir Terlalu Lama
Bagi ibu hamil, sangat tidak dianjurkan untuk menyetir dalam waktu yang lama. Menyetir dalam waktu yang lama dapat menyebabkan punggung, perut, dan pinggang mudah merasa lelah. Akibat fatalnya, janin bisa lahir sebelum waktunya.

·         Mengendarai Motor di Jalan yang Tidak Rata
Mengendarai motor di jalan yang tidak rata (berbatu, berlubang, dan lain sebagainya) bisa menyebabkan kontraksi pada janin sehingga bisa menyebabkan kelelahan.

·         Memindahkan Barang yang Berat
Mengangkat benda berat ketika hamil dapat menyebabkan cidera punggung, bahkan hingga mengalami kontraksi yang menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya.

·         Mengepel Lantai
Mengepel lantai dapat menyebabkan pinggul terasa linu hingga peradangan pada saraf siatik. Posisi ketika mengepel memungkinkan janin tertekan dan membuat kehamilan lebih berisiko.

·         Membersihkan Kandang Hewan
Ketika hamil, hindari untuk membersihkan kandang hewan peliharaan yang ada di rumah. Infeksi toksoplasmosis dapat mengakibatkan nyawa ibu dan janin melayang seketika. Efek buruk lainnya, bayi bisa lahir dalam kondisi cacat.

Berbagai Aktivitas Menyenangkan Ketika Hamil
Meski beberapa kegiatan yang dilarang saat hamil membuat performa ibu hamil menurun. Masih banyak aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa ibu lakukan selama melewati masa-masa kehamilan, antara lain sebagai berikut.

·         Memasang aroma terapi
Menghirup aroma terapi bisa membuat tubuh ibu hamil terasa rileks dan bisa menghilangkan berbagai keluhan, seperti mual, nyeri punggung, bahkan arome terapi mampu memperlancar persalinan.

·         Olahraga
Olahraga ringan selama kehamilan dapat membuat kebugaran tubuh terjaga. Anda bisa melakukan olahraga di rumah atau di tempat-tempat latihan kebugaran.

·         Berbelanja
Aktivitas berbelanja dapat membuat perasaan ibu dan janin senang. Anda bisa berbelanja kebutuhan bayi atau kebutuhan sehari-hari di supermarket terdekat atau mall.

·         Makan di luar rumah
Sesekali, makan di luar rumah bersama suami atau keluarga lainnya akan membuat ibu hamil senang dan menghilangkan kejenuhan.

Bagaimana, itu tadi beberapa kegiatan yang wajib untuk dihindari selama masa-masa kehamilan. Terlebih di usia kehamilan yang masih sangat muda. Mematuhi pantangan yang ada akan membuat kehamilan Anda dalam kondisi sehat dan aman hingga persalinan tiba.